Soal 1
- Sebuah kapal dengan data-data sebagai berikut:
LBP = 110 m sarat depan F = 5,000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF = 1,5 m [di depan tengan-tengah kapal] MTC = 120 t-m
Hitunglah:
- Berapa ton ballast yang harus di pindahkan dari tk IV yang jaraknya 60 meter jika trim yang di inginkan menjadi 0,3 meter
- Berapa Sarat akhir depan dan belakang
Penyelesaian
- Diketahui
LBP = 110
FD = 5,000 m
AD = 5,000 m
mtc = 120 t-m
LCF (A) = 1,5 m
Ditanya:
w = ?
FD = ?
AD = ?
dimana:
d = 6o m
Trim = 0,3 m
Jawab:
a). Air Ballast yang harus di pindahkan (w) agar trim menjadi 0,3 meter
COT = [w x d] / mtc
0,3 = [w X 60] / 120
60w = 30 x 120
w = 60 Tons
Jadi Air ballast yang harus di pindahkan adalah 60 tons
b). Final Draft
COD F = [53,5/110] x 0,3
COD F = 0,1459
COD A = 0,3 – 0,1459
COD A = 0,1540
Initial FD = 5,0000 m AD = 5,0000 m
COD F = 0,1459 – COD A = 0,1540 +
Final FD = 4,854 m AD = 5,154 M
Soal 2.
2. Sebuah kapal dengan panjang =130 m sarat depan F = 5,50 m sarat belakang A = 5,40 m LCF = 2 m di belakang tengah-tengah kapal dan MTC =m 210 t-m. Hitung sarat baru depan dan belakang, jika bahan bakar sebanyak 110 tons di pindahkan ke belakang sejauh 40 meter?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 130 m
FD = 5,5000 m
AD = 5,4000 m
LCF = 2 m (A)
MTC = 210 t-m
w = 110
d = 40 m
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
COT = [110 x 40]/210
COT = 20,95 cm = 0,2095 m
COD F = [67/130] x 0,2095
COD F = 0,1080
COD A = 0,2095 – 0,1080
COD A = 0,1015
Initial FD = 5,5000 AD = 5,4000
COD F = 0,1080 – COD A = 0,1015 +
Final FD = 5,392 m AD = 5,5015 M
Soal 3.
3. Panjang kapal diketahu = 90 m sarat depan F = 5.0000 m dan sarat belakang A = 5,000 m LCF terletak 1,5 meter di belakang tengah-tengah kapal TPC = 10 t/c dan MTC = 120 t-m. Hitung Sarat barunya bila mengisi bahan bakar sebanyak 250 tons yang di tempatkan pada tanki yang titik beratnya 14 meter di belakang tengah-tengah kapal.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 90 m
FD = 5,0000 m
AD = 5,0000 m
LCF = 1,5 m (A)
MTC = 120 t-m
TPC 10 t/c
w = 250
d = 14 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
COT = [250 x 14]/120
COT = 29,17 cm = 0,2917 m
COD F = [46,5/90] x 0,2917
COD F = 0,1507
COD A = 0,2917 – 0,1507
COD A = 0,1410
Sinkage = Bobot mauatan yang di tambahkan / TPC
Sinkage = 250 / 10 = 25 cm
Sinkage = 0,25 m
Initial FD = 5,000 AD = 5,000
Sinkage = 0,25 m Sinkage = 0,25 m
COD F = 0,1507 – COD A = 0,1410 +
Final FD = 5,099 m AD = 5,391 M
Soal 4.
4. Panjang kapal di ketahui = 100 meters sarat depan F = 3,000 m sarat belakang A = 4.300 TPC = 10 t/m dan MTC = 120 t-m LCF terletak 3,000 m di belakang tengah – tengah kapal. Selanjutnya kapal mengisi bahan bakar sebanyak 80 tons pada tk,II yang titik beraftnya terletak pada 24 meter di depan tengah – tengah kapal dan membuang ballast sebanyak 40 tons dari tk.IV (C) yang titik beratnya terletak 12 meter di belakang tengah – tengah kapal.
Hitung sarat baru depan dan belakang setelah kegiatan tersebut?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 100 m
FD = 3,000 m
AD = 4,300 m
LCF = 3 m (A)
MTC = 120 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 80
d = 24 m (F)
w2 – = 40
d = 12 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
Sinkage = 40/10 = 4 cm = 0,04 m
COT1 = [80 x 24]/120
COT1 = 16 cm = 0,16 m
COD F1 = [53/100] x 0,16
COD F1 = 0,0848
COD A1 = 0,16 – 0,0848
COD A1 = 0,0752
COT 2= [40 x 12]/120
COT 2= 4 cm = 0,04 m
COD F2 = [53/100] x 0,04
COD F2 = 0,212
COD A2 = 0,04 – 0,0212
COD A2 = 0,0188
Initial FD = 3,000 AD = 4,300
Sinkage = 0,040 m Sinkage = 0,040 m
COD F1 = 0,0848 + COD A1 = 0,0752 –
COD F2 = 0,0212 + COD A 2= 0,0188 –
Final FD = 3,146 m AD = 4,246 M
Soal 5.
5. Panjang sebuah kapal = 120 m mengapung dalam keadaan tegak even keel dengan sarat = 4,500 m LCF terletak 1,60 m di belakang tengah – tengah kapal TPC = 10 t/m3 MTC = 180 t-m. Kapal mengisi bahan bakar sebanyak = 200 tons pada tk.IV yang titik beratnya 28 meter di belakang tengah – tengah kapal.
Hitung sarat baru kapal setelah selesai mengisi bahan bakar?
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 120 m
FD = 4,500 m
AD = 4,500 m
LCF = 1,60 m (A)
MTC = 180 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 200 tons
d = 28 m (A)
Ditanya: Final Draft depan dan belakang.
Jawab:
Sinkage = 200/10 = 2 cm = 0,20 m
COT = [200 x 28]/180
COT = 31,11 cm = 0, m3111
COD F = [61,6/120] x 0,3111
COD F = 0,1623
COD A = 0,3111 – 0,1597
COD A = 0,1514
Initial FD = 4,500 AD = 4,500
Sinkage = 0,20 m Sinkage = 0,20 m
COD F2 = 0,1597 – COD A 2= 0,1514 +
Final FD = 4,540 m AD = 4,851 M
Soal 6.
6. Sebuah kapal akan memasuki pelabuhan memiliki sarat depan F= 11.20 m dan sarat belakang A = 12 m Jika di inginkan untuk memasuki pelabuhan dengan sarat even keel. Hitunglah ballast yang harus di pindahkan dari tanki dasar berganda yang memiliki LCG = 80 di depan AP ke tanki Fore peak yang memiliki LCG = 195 di depan AP MTC = 210 t-m LCF terletak 95 m di depan AP, Panjang kapal = 200 meter.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 200 m
FD = 11,200 m
AD = 12,00 m
LCF = 5 m (A)
MTC = 210 t-m
w – = ? tons
d1 = 95 - 80 = 15 meter
d2 = 195 - 95 = 100 meter
d = d2 - d1 = 100 – 15 = 85 m (F)
Ditanya: Barapa banyak Ballast yang harus di pindahkan?
Jawab:
Trim = 12,000 – 11,200 = 0,8000 meters = 80 cm
80 = [w x 85] / 210
85w = 0.80 x 210
85w = 16800
w = [16800/85] = 197.6 Ton
Jadi Ballast yang harus di pindahkan adalah 224 Ton
Soal 7.
7. Sebuah kapal akan memasuki sungai dimana kedalaman pada ambang sungai yang di maksud deep = 9,20 meters Under keel clearan (UKC) kapal minimum = 0.5 m. sarat kapal saat ini depan F = 8,400 m dan belakang A = 9,00 m MTC = 125 t-m TPC 25 t/cm. Panjang kapal = 220 meter LCF terletak pada pertengahan panjang kapal. Hitung berapa banyak air ballast yang harus di buang dari tanki After peak tank yang memiliki LCG = 7 m di depan AP.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 220 m
FD = 8,400 m
AD = 9,000 m
LCF = 0 m (A)
MTC = 125 t-m
TPC 25 t/c
w = ? tons
d = 110 – 7 = 103 m (A)
Ditanya: Berapa ballast yang harus di buang
Jawab:
Draft Allowed = 9,20 – 0,5 = 8,70 meter
Draft rata- rata = [8,400 + 9,00] / 2 = 8,70 meter
COT = [w x d]/ MTC
60 = [w x 103] / 125
103 w = 7500
w = 72.81 tons
Jika ingin membuang ballast maka yang harus di buang adalah 72,81 Ton
Soal 8.
8. Panjang kapal LBP = 191,06 dengan sarat depan F = 9,945 m dan sarat belakang A = 9.749 m LCF (+) 1,22 m (abaft of midship) MTC = 608,7 t-m. Kapal harus bertolak dengan kondidi even keel. Tentukan berapa ton air ballast yang harus di pindahkan dari tk.no. I (c) ke tk. no. IV (c) dengan jarak geser LCG Tk. I s/d Tk. no IV = 101,08 meter dan berapa sarat even keel tersebut.
Penyelesaian
Diketahui:
LBP = 191,06 m
FD = 9,945 m
AD = 9.749 m
LCF = 1,60 m (A)
MTC = 180 t-m
TPC 10 t/c
w1 + = 200 tons
d = 28 m (A)
Ditanya: Berapa Ballast yang harus di pindahkan ?
Jawab:
Trim = 9,945 – 9,749 = 0,196 M = 19,6 cm
COT = (w x d) / MTC
19,6 = (w x 101,08) / 608,7
101,08w = 11930,52
W = 118 Ton
Jadi air ballast yang harus di pindahkan adalah 118 Ton
Dan Sarat Even keel nya adalah
COT = (118 x 101,08) / 608
COT = 19,6175 cm atau 0,196
COD F = [96,75 / 191,06] x 0,196
COD F = 0,0998
COD A = 0,196 – 0,0998
COD A = 0,0967
Initial FD = 9,9450 AD = 9,7490
COD F = 0,0998- COD A = 0,0987+
0 comments