Soal 1.
1. Sebuah kapal dengan data-data sbb : LBP = 110 meter, Sarat depan (F) = 5,0 meter dan sarat belakang (A) = 5,0 meter. LCF = – 1,5 meter (didepan tengah-tengah kapal) , MTC = 120 t-m.
Hitunglah :
- Berapa ton air ballast yang harus dipindahkan dari Tk I ke Tk. IV yang jaraknya 60 meter, jika Trim diinginkan menjadi 0,3 meter.
- Berapa sarat akhir depan (F) dan belakang (A).
Jawab
A. Ballast yang harus di pindahkan adalah sebanyak
COT = (w x d)/ MTC
O,3 = (w x 60)/ 120
0,3 = 60w / 120
60w = 0.3 x 120
w = 36 / 60
w = 0,6 = 60 tons
Jadi Ballast yang harus di pindahkan adalah sebanyak 60 tons
B. Final draft
COD (F) = [(53.5} / 110] x 0.3
= 0,1459
COD (A) = 0.3 – 0,1459
= 0,1541
Initial FD = 5,0000 AD = 5,0000
COD (F) = 0,1459(-) COD (A) = 0,1542(+)
FINAL FD = 4,8541 M AD = 5,1541 M
Soal 2.
2. Panjang sebuah kapal (LBP) diketahui = 100 meter dan sarat depan (F) = 3,00 m, sarat belakang (A) = 4,30 m, TPC = 10 t/cm dan MTC = 120 t-m. LCF terletak 3,0 m dibelakang tengah-tengah kapal. Selanjutnya kapal mengisi bahan bakar sebanyak 80 ton pada Tk.II (C) yang titik beratnya terletak 24 m didepan tengah-tengah kapal dan membuang water ballast sebanyak 40 ton dari Tk. IV (C) yang titik beratnya terletak 12 m dibelakang tengah-tengah kapal. Hitunglah sarat baru kapal depan (F) dan belakang (A) setelah kegiatan tersebut.
Jawab:
COT 1 = [(80 x 24)/120] Bahan bakar + to FD
= 16 cm = 0,16 M
COD F1 = [(53/100) x 0,16
= 0,0848
COD A1 = 0,16 – 0,0848
= 0,0752
COT 2 = [(40 x 12)/ 120] Buang ballast – to AD
= 4 cm = 0,04 M
COD F2 = [(53/100) x 0,04
= 0,0212
COD A2 = 0,04 – 0,0212
= 0,0188
Sinkage = Penambahan Bobot / TPC
= [(80 – 40) / 10]
= 4 cm = 0,04 M
Initial FD = 3,0000 M AD = 4,3000 M
COD F1 = 0,0848+ COD A1 = 0,0752 –
COD F2 = 0,0212+ COD A2 = 0,0188 –
Sinkage = 0,0400 + Sinkage = 0,0400 +
FINAL FD = 3,146 M AD = 4,246 M
Soal 3.
3. Panjang kapal (LBP) = 191,06 m dengan sarat depan (F) = 9,945 m dan sarat belakang (A) = 9,749 m. LCF = (+) 1,22 m (abaft of midship) MTC = 608,7 t-m. Kapal harus bertolak dengan kondisi even keel. Tentukan berapa ton air ballast yang harus dipindahkan dari Tk.I (C) ke Tk.IV (C) dengan jarak geser (LCG TK.I s/d LCG TK.IV ) = 101,08 m, dan berapa sarat even keel kapal tersebut.
Jawab:
Trim = 9,945 – 9,749 = 0,196 M
COT = (w x d) / MTC
0,196 = (w x 101,08) / 608,7
101,08w = 119,3052
W = 1,180 x 10 = 118 Ton
Jadi air ballast yang harus di pindahkan adalah 118 Ton
Dan Sarat Even keel nya adalah
COT = (118 x 101,08) / 608
COT = 19,6175 cm atau 0,196
COD F = [96,75 / 191,06] x 0,196
COD F = 0,0998
COD A = 0,196 – 0,0998
COD A = 0,0967
Initial FD = 9,9450 AD = 9,7490
COD F = 0,0998- COD A = 0,0987+
FINAL FD = 9,9845 M AD = 9,846 M
Soal 4.
4. Panjang kapal (LBP) = 120 m dengan lebar maksimum = 15 m, terapung di laut dengan sarat depan (F) = 6,60 m dan sarat belakang (A) = 7,00 m, LCF terletak dipertengahan panjang kapal. Koefisien balok (Cb) = 0,75 dan koefisien bidang air (Cw) = 0,87. GML = 120 m. Hitunglah berapa banyak muatan lagi yang dapat dimuat dan ditempatkan dimana jika kapal akan bertolak dengan maksimum sarat = 7,00 dalam kondisi even keel.
Jawab:
Sarat Rata-rata = [6,60 + 7,00] / 2 = 6,80 M
V Displasmen = 120 x 15 x 6,80 x 0,75 x 0,87 = 7986,6 m3
Displasmen = VDis x BJ
Displasmen = 7986,6 x 1,025 = 8186. m3
TPC = Displasemen / Sarat
TPC = 8186 / 680 cm
TPC 12 t/c
Draft allowed 7,000 M
MD 6,80 M
RDraft 0.20 M = 20 cm
W = 20 x 12 T = 240 Tons
Jadi Muatan yang masi bisa di muat sebanyak 240 Tons
Penempatan muatan
MTC =[ W X GML] / 100L
MTC = [ 8186 X 120] / [100X120]
MTC = [982320/12000]
MTC = 81,86
0,40 = [240 x d] / 81.86
240d = 32,744
d = 0,136
d = 13,64 meter
Jadi Penempatan Muatan pada 13,64 meter di depan Midship
0 comments