Marks 47.00/49.00
Grade 9.59 out of 10.00 (96%)
- 13. To maintain good relationship among the crew on board a vessel, one must be:
Select one:
a. Polite and diplomatic while talking to crew members
b. Strict and authoritative while giving orders
c. Give authority to others
d. Understanding, Co-operative, and have respect from both sides - 09. Onboard training should be organised in such a way that:
Select one:
a. It is an integral part of the overall training plan
b. It does not contravene with the rest hours of the crew
c. Each crew member is trained individually
d. none of the above - 47. Sebuah Perusahaan Indonesia mengoperasikn 5 kapal berbendera Indonesia,
maka sertiffikat ISM Code yang harus dimilikinya adalah :
Select one:
a. Semuanya Benar.
b. 1 DOC dari Pemerintah Indonesia dan 5 SMC dari Pemerintah Indonesia
c. 1 DOC dari Pemerintah Indonesia dan 1 SMC dari Pemerintah Indonesia
d. 5 DOC dari Pemerintah Indonesia dan 5 SMC dari Pemerintah Indonesia - 39. Perjanjian dari Carrier yang telah menerima muatan untuk dibawa ke tempat
tujuan dan menyerahkan kepada Consignee sesuai ketentuan. Perjanjian itu disebut:
Select one:
a. Letter of Indemnity (LOI)
b. NOR (Notice of Readiness).
c. Consignee
d. B/L (Bill of Lading) - 40. Tingkat/level tanggung jawab pelaut dikapal menjadi 3(tiga) berdasarkan STCW 78
& amandemennya adalah :
Select one:
a. Bener semuA.
b. Manajemen Level, Operasional Level, Supporting Level.
c. ANT-3 Manajemen, ANT-4 Manajemen, ANT-5 Manajemen,
d. ATT-3 Manajemen, ATT-4 Manajemen, ATT-5 Manajemen, - 10. The majority of convensions adopted under the auspices of IMO fall into which
ofthe three main categories:
Select one:
a. Maritime Safety, Prevention of Marine pollution, Liability and compensation
b. There are no conentions that fall under IMO
c. Maritime Safety, STCW, Maritime Security
d. Safety, Terrorism, ILO - 49. Sebuah Perusahaan Indonesia mengoperasikn 2 kapal berbendera Indonesia,
dan 3 kapal berbendera Panama, maka sertiffikat ISM Code yang harus dimilikinya
adalah :
Select one:
a. 2 DOC dari Pemerintah Indonesia dan 3 DOC dari Pemerintah Panama2 SMC
dari Pemerintah Indonesia dan 3 SMC dari Pemerintah Panama
b. 1 DOC dari Pemerintah Indonesia dan 1 DOC dari Pemerintah Panama 2 SMC dari Pemerintah Indonesia dan 3 SMC dari Pemerintah Panama
c. 1 DOC dari Pemerintah Indonesia dan 5 DOC dari Pemerintah Panama2 SMC
dari Pemerintah Indonesia dan 3 SMC dari Pemerintah Panama
d. Semuanya Benar. - 04. Any person serving on board who without the permission of the shipmaster leaves the ship in distress or other danger while the master still on board shall be liable to
Select one:
a. Fines.
b. Fines or imprisonment for a term not exceeding 6 months.
c. Fines or imprisonment for a term not exceeding 12 months.
d. Imprisonment for a term not exceeding 12 months. - 20. In a crisis, which crew behaviours are most reassuring to passengers?
Select one:
a. enthusiasm, conffidence, decisiveness
b. dependability
c. enthusiasm, conffidence, hospitality
d. keeping up with safety knowledge - 03. What is the period of validity of the Safety Management Certifficate
Select one:
a. 5 years
b. 1 Year
c. 6 months
d. 2 years - 24. Which ships does the ISM code apply to
Select one:
a. Only tankers and Ro-ros
b. Only passenger vessels
c. All passenger ships, all cargo ships of 500 GRT or above
d. All craft above 300GRT - 36. Letter of Indemnity (LOI) adalah :
Select one:
a. Keterangan/jaminan yang dikeluarkan oleh Consignee bahwa bila terjadi klaim
dikemudian hari akan menjadi beban Shipper (agar Shipper memperoleh clean BL).
b. Keterangan/jaminan yang dikeluarkan oleh Carrier bahwa bila terjadi klaim dikemudian hari akan menjadi beban Shipper (agar Shipper memperoleh clean BL).
c. Pernyataan tertulis Shipper, Owner, dan Nakhoda bahwa bila terjadi klaim
dikemudian hari akan menjadi beban Shipper (agar Shipper memperoleh clean BL).
d. Keterangan/jaminan yang dikeluarkan oleh Syahbandar bahwa bila terjadi
klaim dikemudian hari akan menjadi beban Shipper (agar Shipper memperoleh clean
BL). - 38. Keterangan/jaminan yang dikeluarkan oleh Consignee bahwa bila terjadi klaim
dikemudian hari akan menjadi beban Shipper (agar Shipper memperoleh clean BL).
Keterangan/jaminan itu disebut :
Select one:
a. Consignee
b. Letter of Indemnity (LOI)
c. NOR (Notice of Readiness).
d. B/L (Bill of Lading) - 50. Hal-hal yang harus dilakukan oleh Nakhoda / Perwira pada saat serah terima jabatan Dikapal, adalah :
Select one:
a. Semuanya Benar.
b. menyerahkan check-list serah terima kepada Nakhoda/Pwa baru, kemudian
bersamA.mencheck, dan ditandatangani berduA.
c. mencatat pergantian dibuku harian kapal dan buku sijil awak kapal, selanjutnya
dibawa keSyahbandar untuk diketahui.
d. pejabat baru melakukan familiarisasi. Selanjutnya melapor keperusahaan
bahwa serah terima telah dilakukan. - 45. Personil yang termasuk pada Manajemen Level adalah :
Select one:
a. Mualim-II, Mualim-III, 3rd Engineer, 4th Engineer.
b. Bener semuA.
c. Nakhoda, Chief Engineer, Mualim-I, 2nd Engineer.
d. Bossun, Jurumudi, Kelasi, Mandor Mesin, Oiler, Wiper. - 17. What are the master’s duties if punishable acts are committed on board?
Select one:
a. If at sea, the master shall immediately undertake an investigation, secure evidence and take statements, inform Indonesian Consulate or Maritime Safety Directorate
b. The least possible fuss should be made to ease over the situation.
c. The company shall be informed and shall take over the case.
d. Alleged suspects should be sent home at the frst opportunity. - 35. Yang dimaksud dengan NOR (Notice of Readiness) adalah :
Select one:
a. Pernyataan tertulis Shipper, Owner, dan Nakhoda bahwa kapal siap muat/bongkar, yaitu kapal telah tiba ditempat muat/bongkar yg tercantum dalan charter partay. Serta winch sudah siap dan boom sudah berdiri, dll
b. Pernyataan tertulis Owner bahwa kapal siap muat/bongkar, yaitu kapal telah tiba ditempat muat/bongkar yg tercantum dalan charter partay. Serta winch sudah siap danboom sudah berdiri, dll
c. Pernyataan tertulis Shipper, Owner, dan Nakhoda bahwa kapal telah tiba di pelabuhan tujuan.
d. Pernyataan tertulis Nakhoda bahwa kapal siap muat/bongkar, yaitu kapal telah tiba ditempat muat/bongkar yg tercantum dalan charter partay. Serta winch sudah siap danboom sudah berdiri, dll - 44. Tingkat/level tanggung jawab pelaut dikapal menjadi 3(tiga) berdasarkanSTCW 78 & amandemennya adalah :
Select one:
a. Operasional Level
b. Manajemen Level
c. Supporting Level
d. Bener semua - 14. Why is it important to have good relationship on-board a vessel?
Select one:
a. It leads to better work performance and positive atmosphere among the crew
b. It will prevent accidents from happening
c. Crew comes to know each others problems
d. It encourages crew to extend their contract - 02. What is the main theme of modern safety practice?
Select one:
a. Making use of Risk Assessment as a means to improving safety
b. Use the same practice that has been in place for some time
c. Health & Safety at Work Act
d. Consult the chief officer before commencing work - 07. It is the Master’s responsibility to ensure that:
Select one:
a. safety equipment is not used during the training
b. concerned personnel carry out the on-board traing progamme effiectively
c. All information regarding the onboard training is given to the ship manager
d. All personnel participate in the training at the same time - 06. Any shipmaster who refuses to provide any person carried on the ship with many thing which he is entitled to receive in such capacity, or who permits such refusal, shall beliable to:
Select one:
a. Fines or imprisonment for a term not exceeding 12 months.
b. Fines or imprisonment for a term not exceeding 6 months, but not exceeding 9
months if there are especially aggravating circumstances.
c. Fines or imprisonment for a term not exceeding 6 months, but not exceeding 1 year if there are especially aggravating circumstances.
d. Fines or imprisonment for a term not exceeding 6 months, but not exceeding 2
years if there are especially aggravating circumstances. - 37. Dibawah ini terdapat salah satu Tugas Mahkamah Pelayaran, yaitu :
Select one:
a. Meneliti dan memeriksa sebab2 kecelakaan kapal dilaut maupun dipelabuhan
yang menimbulkan kerugian materi maupun nyawa seseorang.
b. Memeriksa setiap kesalahan Nakhoda dan ABK atas semua kejadian diatas
kapal yangmenyebabkan kecelakaan kapal.
c. Menjatuhkan sanksi admiinitrasi kepada Nakhoda atau Pemimpin Kapal dan atau Perwira-kapal yang memiliki COC yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI, yang melakukan kesalahan atau kelalaian dalam penerapan standar profesi kepelautan
d. Memeriksa setiap kesalahan Owner, Nakhoda, dan ABK atas semua kejadian
diataskapal yang menyebabkan kecelakaan kapal, dilaut maupun dipelabuhan. - 19. For which emergency resource is it difficult to plan the best use?
Select one:
a. company personnel
b. Passengers
c. Crew
d. emergency equipment - 05. Any shipmaster who in distress or other danger abandons the ship without this being necessary shall be liable to:
Select one:
a. Fines or imprisonment for a term not exceeding six months.
b. Imprisonment for a term not exceeding three years.
c. Imprisonment for a term not exceeding one year.
d. Imprisonment for a term not exceeding two years. - 16. Anyone who without valid reason places, removes, changes or conceals nationality marks or registration marks of a registered ship shall be liable to:
Select one:
a. Imprisonment for a term not exceeding 6 months.
b. Fines or imprisonment for a term not exceeding 6 months.
c. Fines.
d. Fines or imprisonment for a term not exceeding 12 months. - 01. What does ISM stand for?
Select one:
a. The International Management Code for the Safe Operation of Ships and for Pollution Prevention
b. International Ship Measurement and Pollution Control
c. Internal Ship Safety Management
d. International Safe Manning Certiffication - 34. Sanksi administrative yang diberikan oleh Mahkamah Pelayaran R.I. dapat
berupa :
Select one:
a. Pencabutan sementara sertiffikat keahlian pelaut untuk bertugas dalam jabatan tertentu dikapal untuk waktu paling lama 2(dua) tahun.
b. Pencabutan sementara sertiffikat keahlian pelaut untuk bertugas dalam jabatan tertentudi kapal untuk waktu paling lama 5(lima) tahun.
c. Hukuman pidana maupun perdata bagi Owner dan Nakhoda yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kapal.
d. Hukuman pidana sesuai KUHP bila mengakibatkan meninggalnya seseorang
dikapal. - 43. Syarat pembuatan SOPEP (shipboard oil pollution emergency plan for NLS), adalah :
Select one:
a. Dibuat dengan bahasa Inggeris dan bahasa Negara Bendera Kapal, dan disyahkan olehAdministration.
b. Dibuat dengan bahasa kerja dikapal atau bahasa yang dikuasai oleh Master atau Officer.Dan disyahkan oleh Administration.
c. Dibuat dengan bahasa Inggeris dan bahasa Negara Bendera Kapal, dan disyahkan oleh Syahbandar setempat.
d. Dibuat dengan bahasa Inggeris, dan disyahkan oleh IMO. - 18. Debrieffing of an emergency drill:
Select one:
a. focuses attention on the debriefer’s feedback
b. encourages crew members to focus on their duties
c. expands the experience of all personnel
d. is most effiective when held at a safety meeting - 48. Yang harus menguasai ISM Code adalah :
Select one:
a. Nakhoda, Perwira Deck dan Perwira Mesin.
b. Nakhoda, Perwira Deck, Perwira Mesin, dan semua Rating dikapal.
c. Siapapun yang sedang atau akan bekerja di bidang pengoperasional kapal, baik personil didarat maupun yang dikapal.
d. Manager Armada, Nakhoda, Perwira Deck dan Perwira Mesin. - 15. A company must update its Safety Management System and Manual:
Select one:
a. at least once every 18 months
b. at least once every 6 months
c. whenever regulations change
d. at least once every 12 months - 25. With respect to the ISM, what training in additional to lifeboat and fire drills must becarried out?
Select one:
a. Bridge Team Management
b. Familiarization, and other drills identiffied as necessary by the ship
c. The boat drill and fire drill should be adequate to meet your needs
d. Mooring operations - 11. If the master goes ashore, he is obliged to inform:
Select one:
a. Chief Engineer Officer
b. The port authority
c. Ship’s agent
d. The deck officer of the highest rank present - 30. Pengawasan atau Jurisdiksi atas kapal-kapal terkait hubungan antara kapal dan Negara yang diatur didalam Unclos-82 adalah :
Select one:
a. Semuanya Benar.
b. Negara Pelabuhan (Port State) yaitu kewenangana mengawasi kapal asing yang memasuki pelabuhan2 dalam Negara jurisdiksi.
c. Negara Bendera (Flag State) yaitu kewenangan mengawasi kapal yang diizinkan mengibarkan bendera dari negaranyA.
d. Negara Pantai (Coastal State) yaitu kewenangana mengawasi hingga berbagai hal tertentu atas semua kapal kapal pada perairan dalam jurisdiksi Negaranya, termasuk Perairan Internasional, Perairan Territorial, Zona Tambahan, & ZEE. - 92. Siapakah yang bisa menjatuhkan sanksi admiinitrasi kepada Nakhoda atau Pemimpin Kapal dan atau Perwira-kapal yang memiliki COC yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI, yang melakukan kesalahan atau kelalaian dalam penerapan standar profesi kepelautan ?
Select one:
a. Menteri Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut.
b. Mahkamah Pelayaran R.I.
c. Organisasi Profesi Kepelautan yang telah memperoleh Approval dari Dirjen
PerhubunganLaut.
d. Mahkamah Pelayaran Internasional dibawah IMO. - 27. B/L (Bill of Lading) adalah :
Select one:
a. perjanjian dari Owner yang telah menyerahkan muatan untuk dibawa ke tempat tujuandan menyerahkan kepada Carrier sesuai ketentuan.
b. perjanjian dari Shipper yang telah menyerahkan muatan untuk dibawa ke tempat tujuan dan menyerahkan kepada Owner sesuai ketentuan.
c. perjanjian dari Carrier yang telah menerima muatan untuk dibawa ke tempat tujuan dan menyerahkan kepada Consignee sesuai ketentuan.
d. perjanjian dari Shipper yang telah menyerahkan muatan untuk dibawa ke tempat tujuan dan menyerahkan kepada Consignee sesuai ketentuan. - 32. Siapa saja yang bisa diadili oleh Mahkamah Pelayaran R.I. ?
Select one:
a. Nakhoda atau Perwira Kapal yang diduga melakukan kesalahan dan atau kelalaian dalam penerapan standar profesi kepelautan yang menyebabkan kecelakaan kapal.
b. Owner, Nakhoda, dan ABK atas semua kejadian diatas kapal yang menyebabkan kecelakaan kapal, dilaut maupun dipelabuhan.
c. Pandu, Nakhoda, dan ABK atas semua kejadian diatas kapal yang menyebabkan kecelakaan kapal, dilaut maupun dipelabuhan.
d. Owner, Pandu, Nakhoda atau Perwira Kapal yang diduga melakukan kesalahan dan atau kelalaian dalam penerapan standar profesi kepelautan yang menyebabkan kecelakaan kapal. - 28. STCW-1978, diratiffikasi oleh Pemerintah Indonesia dengan :
Select one:
a. Keppres No 60 tahun 1986 tanggal 4 Desember oleh Presiden Megawati.
b. Keppres No 60 tahun 1986 tanggal 4 Desember oleh Presiden SBY.
c. Keppres No 60 tahun 1986 tanggal 4 Desember oleh Presiden BJ Habibie.
d. Keppres No 60 tahun 1986 tanggal 4 Desember oleh Presiden Soeharto. - 08. Master of every ship must provide:
Select one:
a. the training during crews working hours only
b. Facilities to conduct training whenever required by the training officer
c. Proper rest to the crew after each training programme
d. A link between the shipboard training officer and the company training officer ashore - 22. Studies of shipboard emergencies show that many passengers do not read or remember safety information. As an officer, how can you best compensate for this fact?
Select one:
a. Prior to departure, provide passengers with a good safety video.
b. In an emergency, repeatedly tell passengers what’s happening, what’s being done, and what they should do.
c. Ensure that printed safety information onboard is of the highest quality.
d. Post large, graphic safety signs conspicuously throughout the ship. - 31. Pihak yang terkait dengan implementasi STCW, adalah :
Select one:
a. Administration setiap negara, dalam hal ini Dirjen Perhubungan Laut bagi IndonesiA. Institusi yang bertanggung jawab terhadap implementasi.
b. Perusahaan Pelayaran, Institusi pengguna jasa Pelaut yang bertanggung-jawab mempekerjakan Pelaut sesuai dgn persyaratan Konvensi.
c. Lembaga Diklat Kepelautan, Institusi yang melaksanakan diklat kepelautan sesuai persyaratan dari Konvensi.
d. Semuanya Benar. - 26. Salah satu Tugas Mahkamah Pelayaran adalah :
Select one:
a. Memeriksa setiap kesalahan Nakhoda dan ABK atas semua kejadian diatas kapal yang menyebabkan kecelakaan kapal.
b. Memeriksa setiap kesalahan Owner, Nakhoda, dan ABK atas semua kejadian diatas kapal yang menyebabkan kecelakaan kapal, dilaut maupun dipelabuhan.
c. Meneliti dan memeriksa sebab2 kecelakaan kapal dilaut maupun dipelabuhan yang menimbulkan kerugian materi maupun nyawa seseorang.
d. Meneliti sebab2 kecelakaan kapal & menentukan ada atau tidak adanya kesalahan atau kelalaian dalam penerapan standar profesi kepelauatan yang dilakukan oleh Nakhodadan atau Perwira-Kapal atas terjadinya kecelakaan kapal. - 46. Didalam ISM Code, kepanjangan dari SMC adalah :
Select one:
a. Safety Management Compliance
b. Safety Management Class – 2
c. Safety Management Certifficate
d. Safety Management Class – 1 - 12. How can the master ensure obedience?
Select one:
a. Only by giving clear orders in an understandable language. It is not allowed to use any means which may result in personal injuries.
b. By giving clear orders and referring to the necessity of having the work carried out as ordereD.
c. He shall ensure obedience by the use of force if he finds it necessary, but not use harsher means than the circumstances make necessary.
d. He has the power of denying the seafarer their democratic right if they refuse to obey orders given. - 33. Didalam ISM Code, kepanjangan dari DOC adalah :
Select one:
a. Deck Officer Certifficate
b. Document of Certifficate
c. Deck Officer Class
d. Document of Compliance - 41. STCW-78 amandemen 2010, diberlakukan mulai tanggal :
Select one:
a. 01 Juli 2013
b. 31 Desember 2010
c. 31 Desember 2016
d. 01 Januari 2012 - 23. Which personnel must undergo familiarization training on board
Select one:
a. Only the deck officers
b. Everyone
c. Only catering staf
d. Only the ratings - 42. Berkaitan dengan STCW-78 amandemen 2010, maka pemilik COC (Certifficate of Competence) harus sudah disesuaikan/dimutakhirkan paling lambat tanggal :
Select one:
a. 01 Januari 2012
b. 31 Desember 2016
c. 01 Juli 2013
d. 31 Desember 2010
0 comments